Kereen Ingin Eksis di YouTube, Presiden Jokowi Minta Masukan ke YouTubers

Presiden Joko Widodo menjamu makan siang sejumlah YouTubers, seperti yang ditayangkan dalam akun YouTube Arief Muhammad.
JAKARTA-- Di luar kesibukannya memimpin pemerintahan, Presiden Joko Widodo masih menyempatkan diri untuk berusaha eksis di media sosial.
Jokowi setidaknya memiliki akun di empat platform media sosial paling populer saat ini. Masing-masing di Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube.

Namun. akun YouTube yang dibuat paling terakhir masih belum sepopuler tiga akun lainnya.
Meski sudah mengungggah 30 video sejak 27 Mei 2016 lalu, Jokowi saat ini baru mendapat 21.314 subscribers dan 452,138 views.

Akun Jokowi di YouTube bahkan kalah dibandingkan anak bungsunya, Kaesang Pangarep yang sudah mendapat 127.788 subscribers dan 7 Juta views. Padahal, Kaesang baru mengunggah sembilan video sejak 7 Maret 2016.

Topik mengenai akun YouTube Jokowi yang kurang laku ini pun menjadi salah satu perbincangan antara Presiden dan para YouTubers atau pengguna YouTube, saat makan siang di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/8/2016) kemarin.

"Jadi Presiden minta masukan juga, Presiden kan ada channel YouTube-nya. Enaknya bagaimana kontennya, biar yang nonton banyak, dan enggak kaku menontonnya," kata Arief Muhammad, salah satu dari 13 YouTubers yang berkesempatan diundang Jokowi makan siang di Istana.

Menurut Arief, ia dan para YouTubers lainnya pun menyarankan agar Jokowi membuat video yang tidak terlalu resmi.

Meskipun pekerjaan Presiden sehari-harinya harus bergelut dengan berbagai urusan negara yang bersifat resmi, namun ia menilai konten videonya masih bisa dikemas lebih santai.
"Kalau videonya resmi orang kan males menontonnya," kata Arief yang kini akun YouTube-nya sudah diikuti oleh 329,093 orang dan ditonton 30 juta orang.
Langkah Jokowi yang mengundang pegiat media sosial ke Istana ini sebenarnya bukan yang pertama kali.

Pada Desember 2015 dan Januari 2016 lalu, Jokowi juga pernah mengundang mereka yang aktif di media sosial seperti Twitter hingga blog Kompasiana.
Namun, pertemuan kali ini lebih difokuskan kepada pegiat media sosial yang lebih aktif di YouTube. Perbincangannya pun tak jauh-jauh dari media sosial berbagi video yang dimilik oleh Google itu.
Selain meminta masukan mengenai konten yang menarik penonton, Jokowi juga sempat bertanya mengenai pemasukan para YouTubers yang hadir.

Jokowi penasaran berapa penghasilan para YouTubers, karena sejak aktif di YouTube, Kaesang yang bersekolah di Singapura tak pernah lagi meminta uang jajan kepadanya.
"Kalian memang duitnya banyak ya? Kok Kaesang enggak pernah minta jajan lagi sih sama saya. Semenjak Kaesang jadi YouTuber enggak pernah minta jajan lagi," tambah Arief menirukan ucapan Jokowi.

Terakhir, lanjut Arief, Presiden juga berpesan agar para YouTubers terus berkarya dengan konten-konten positif.
Pemilik akun twitter @poconggg ini pun mengaku senang hobinya di media sosial bisa membawanya bertemu dengan Presiden.source

Sepulangnya dari Istana Kepresidenan, ia pun langsung mengunggah video makan siangnya dengan Presiden di YouTube. Video itu kini sudah ditonton oleh lebih dari 40.000 orang.
Jokowi dalam video itu terlihat akrab dengan para YouTubers. Para YouTubers pun tak segan bercanda mengenai berbagai hal dengan Presiden, mulai dari soal makanan yang disantap hinggga larangan menangkap Pokemon di Istana.
Penulis: Ihsanuddin

Labels: Nasional

Thanks for reading Kereen Ingin Eksis di YouTube, Presiden Jokowi Minta Masukan ke YouTubers. Please share...!

0 Comment for "Kereen Ingin Eksis di YouTube, Presiden Jokowi Minta Masukan ke YouTubers"

Back To Top