Friday, September 9, 2016

Tata Cara Mengirim CV ( Lamaran Kerja) Lewat Email yang benar

Flat News Magazine of Year     12:59:00 AM     No comments

Tata Cara Mengirim CV ( Lamaran Kerja) Lewat Email yang benar
Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam melamar pekerjaan. Seiring dengan berkembangan teknologi, kini para pelamar tidak perlu lagi datang ke perusahaan dan menyerahkan berkas lamarannya. Semua itu bisa dilakukan dengan hanya mengirimkan e-mail kepada perekrut yang berisikan CV serta persyaratan lain yang diminta.

Namun jika Anda tidak ingin CV beserta berkas-berkas berharga tersebut ditolak oleh perekrut, ada baiknya ketahui etika mengirimkan CV melalui e-mail seperti yang dituturkan oleh Chalifatunissa selaku HR Senior di Experd Consultant. Seperti apa?

1. Nama E-mail Formal
Gunakanlah nama e-mail yang formal, misalnya saja nama panjang Anda. Jangan pernah menggunakan nama e-mail yang aneh dan sulit dibaca. Penggunaan alamat e-mail seperti itu tentu saja akan memberikan penilaian yang kurang baik bagi untuk Anda. Selain itu, nama e-mail yang formal juga menunjukkan kesopanan dan membuat Anda lebih dewasa.

2. Domain E-mail
Jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja dan menggunakan domain email yang berhubungan dengan perusahaan Anda, jangan gunakan email tersebut untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan baru. Hal tersebut mungkin akan menyinggung penerima email atau perusahaan lain tempat Anda melamar.

3. Berkas Lengkap
Wanita yang akrab disapa Nissa itu menekankan pentingnya untuk mengirimkan berkas yang lengkap. Misalnya, data diri, CV, foto, serta portfolio Anda jika memang diminta oleh perusahaan. Jangan lupa juga memberikan judul berkas dengan nama Anda agar perekrut lebih mudah membacanya.

4. Kalimat Pengantar
Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pelamar yang mengirimkan lamaran pekerjaan lewat e-mail adalah isi e-mail yang kosong tanpa ada kata pengantar dan keterangan. Hal itu otomatis membuat CV Anda tersingkirkan dari pelamar lainnya karena dianggap tidak sopan dan kurang profesional.

Sebaiknya tulis kalimat pengantar yang singkat dan jelas di dalam badan e-mail. Tuliskan tujuan Anda mengirimkan CV serta permohonan Anda untuk melamar di perusahaan tersebut dengan posisi yang diminati.

5. Subyek E-mail Jelas
Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah memberikan subyek e-mail yang jelas dan sesuai format yang diminta. Karena banyaknya e-mail yang bisa saja masuk ke akun perekrut, e-mail Anda mungkin saja bisa masuk ke folder spam atau tidak terbaca karena tidak sesuai dengan format.source

0 comments :

Recommended

Like Us

Popular Posts

Find Us On Facebook

Company

Legal Stuff

FAQ's

Blogroll

Subscribe to Newsletter

We'll never share your Email address.